Rabu, 15 Agustus 2018

TUTORIAL ABSENSI ONLINE BUAT GURU DAN KARYAWAN

Aplikasi Daftar Hadiri Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dirilis sejak Juli 2017 rencananya akan berlaku efektif pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 sebagai salah satu syarat penerbitan SK Tunjangan. Artinya jika sekolah tidak melaksanakan absen guru dan tenaga kependidikan melalui aplikasi DHGTK online ini, maka kemungkinan besar SK Tunjangannya baik itu Tunjangan Profesi Guru maupun aneka tunjangan lainnya tidak akan bisa terbit karena dianggap guru yang bersangkutan tidak melaksanakan tugasnya atau absen, sebab di dalam peraturan yang berlaku diantaranya menyebutkan bahwa jika 3 hari guru absen (tidak masuk) maka dia tidak berhak untuk menerima tunjangan pada bulan bersangkutan karena tidak memenuhi beban kerja yang telah ditetapkan.

Peran dan tanggung jawab Kepala Sekolah
Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirjen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk:
1.Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online
2.Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
3.Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkungan satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi.
4.Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK
5.Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK
6.Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari.

Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus)
Peran dan tanggung jawab dari petugas absen adalah sebagai berikut :
1.Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan
2.Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab
3.Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK
4.Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisian.

link hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ 

TUTORIAL
 

Nissa Sabyan

VERVAL PESERTA DIDIK (Verval PD)


APA ITU VERVAL PD DAN FUNGSINYA APA?

Vervalpd

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

Perubahan nama dan tanggal lahir di edit di master verval pd , untuk menjaga konsistensi antara atribut nama dan id yang dibaca oleh system

Terkait Tarik PD Online
Bagi Peserta Didik Kleas X, apakah diisikan secara manual atau memanfaatkan fitur Tarik Peserta Didik?

Pengisian Peserta Didik baru lebih efektif memanfaatkan tarik PD dengan melihat kevalidan datanya (nama PD, TTL, NISN, dan nama ibu) , jika data valid lanjut tarik PD. Jika data tidak valid dengan adanya kesalahan perbaiki datanya melalui vervalpd.

Hal ini penting dilakukan agar ada kesinambungan data siswa dari jenjang sebelumnya. Kecuali peserta didik dari MI/MTs harus diisikan secara manual.

Bagaimana? Sudah jelas kan mengenai VervalPD,  pastilah y...  Dan untuk istilah yang lainnya akan kita bahas lagi pada artikel yang selanjutnya.

Demikian informasi yang kami sampaikan,  terima kasih sudah berkunjung ya,  Jabat Erat Intipendidikan.com. klik disini

HASIL NILAI SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL 2024_2025

Bapak ibu guru mohon perhatikan jika ada nilai kosong pada hasil kemungkinan peserta didik tidak masuk atau tidak mengumpulkan ujian (Kirim)...

Postingan Populer